Monday, April 3, 2017


PIVOT ANIMATOR
Pivot merupakan freeware aplikasi windows yang memungkinkan pengguna untuk membuat stickfigure animasi, dan di simpan dengan format GIF atau bisa juga di konversi menjadi video.pivot sangat mudah digunakan dengan berbagai macam fiturnya, pivot animator diciptakan oleh peter bone

Apa yang bisa dilakukan pivot animator
Ukuran pivot animator terbilang kecil karena hanya 1,2mb dan memiliki antarmuka yang simpel dan menu yang sederhana tapi langsung ke intinya.
Seperti namanya ini adalah program yang memungkinkan kita untuk membuat animasi stickfigure
Saya mengakui, karakter yang dapat dibuat tidak yang paling artistik, tapi disini pemula pun yang belum pernah membuat animasi pasti bisa membuatnya karna software ini sangat mudah digunakan

Mari kita jalankan !
Ketika menjalankan program, anda akan disaikan dengan layar utama yang terbagi dalam tiga bagian di sebelah kanan nomer 1 ada area kerja yang memakan sebagian besar ruang. Kemudian, pada bagian kiri layar nomer 2 adalah bagian operasional, di mana Anda dapat mengontrol yang Anda buat atau menyisipkan. Dan di bagian atas jendela, ada daftar frame yang menunjukkan semua frame yang telah Anda buat dalam tampilan thumbnail.

Secara default, saat membuka aplikasi, sebuah Stickfigure manusia ditempatkan di area kerja nomer 1.
Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan program ini, Anda dapat menggunakannya sebagai boneka tes dan belajar untuk menjalankanya..

Di tahap ini saya akan membahas perlahan tentang menu – menu yang terdapat di Software Pivot:

di menu “file” terdapat beberapa submenu di antaranya :
  1. New —> digunakan untuk membuat animasi pivot yang baru,
  2. Open —> untuk membuka file pivot yang  sebelumnya tersedia di komputer anda,
  3. Save —> menyimpan animasi dan masuk ke menu save,
  4. Load Background —> untuk membuka dan memasukan background ke pivot (format .JPEG, Bitmap, .GIF)
  5. Load Figure Type —> ini berguna untuk membuka figur-figur yang kita buat sendiri atau yang kita download (format .STK)
  6. Crate Figure Type —> sub menu ini di gunakan untuk membuat figur-figur baru atau kita ingin membuat suatu objek (berformat .STK)
  7. Load Sprite —> di gunakan untuk membuka animasi (GIF) untuk kemudian di masukan ke dalam animasi kita (format Bitmap .BMP, .GIF)
  8. Exit —> kita keluar dari program pivot
Setelah kita mengenali menu “FILE” selanjutnya saya akan mengenalkan menu “Options”

di menu options, kita hanya akan di tampilkan windows “OptionsForm” dimana fungsinya untuk mengatur besar kecil layar animasi yang kita bisa atur sesuai keinginan kita
untuk Menu selanjutnya saya tak usah bahas mungkin itu tambahan saja, namun bagi yang ingin melihat silahkan saja,
Setelah kita mengenal tiap-tiap menu di program ini tahap selanjutnya adalah tools
Current Figure:
di sini kita akan membahas tentang tip-tiap kegunaan dari Current Figure :
  1. Delete —> Untuk menghapus gambar atau Figure-figure yang ada di tampilan layar
  2. Edit —> Digunakan jika kita merasa harus merubah Figure yang kita masukan ini sama halnya dengan SUBMENU “Crate Figure”
  3. Center —> Berguna untuk meletakkan Figure atau background ke titik tengah layar
  4. Flip —> Ketika kita membuka suatu figure atau background dan terbalik maka flip akan membaliknya seperti koin
  5. Colour —> Untuk mewarnai figure yang kita pilih namun perlu di ketahui bahwa perwarnaan di software pivot adalah 16-bit jadi kurang baik untuk yang mengharapkan gradasi
  6. 100 —> Menentukan ukuran Figure yang kita pilih atau background
  7. Front —> untuk meletakkan Figure di atas tumpukan Figure atau background
  8. Back —> Mirip dengan Front namun tombol ini di gunakan untuk menaruh Figure di belakang
  9. Next Frame —> tombol ini berfungsi untuk menangkap gambar yang ada di layar dan membuat frame baru.
oke pada saat ini kita sudah cukup mengetahui menu dan tool.,ekarang saya akan menunjukan bagaimana Figure yang kita buat bisa di pindahkan sesuai ke inginan kita :

Kita pilih Figure yang akan kita pindahkan posisinya, setelah itu akan terlihat titik-titik merah dan satu titik orange, nah jika kita gerakkan salah satu titik merah maka yang terjadi adalah seperti kita menekuk mainan dan jika gerakkan bagian “engselnya’ maka terlihat seperti menggerakkan tanggan, kaki, atau punggung kita. Tetapi jika kita memilih titik orange maka yang terjadi adalah kita memindahkan posisi figure yang kita buat (ini berlaku semua Figure, background, bahkan yang kita buat sendiri atau kita download).


Setelah Anda melewati langkah ini, Anda dapat beralih ke beberapa animasi yang lebih serius. Anda dapat memuat beberapa tokoh yang telah di sediakan software ini yang dibuat oleh peter bone seperti (huruf dalam alfabet, kuda, koboi dan beberapa orang lainnya). Jika Anda memiliki ide-ide Anda sendiri, Anda bebas untuk menempatkan mereka ke dalam ruang kerja. Untuk tujuan ini, Anda memiliki  add figure yang memungkinkan Anda membuat figure baru, atau mengedit yang sudah ada.

Dalam rangka untuk memilih figure yang ingin Anda buat, atau mengeditnya, Anda bisa klik di atasnya, atau pilih dari daftar drop-down yang mencakup semua tools yang bisa anda dalam software  ditempatkan di wilayah operasional.

Figure dapat dibentuk oleh beberapa objek (garis, lingkaran dan sebagainya), dan masing-masing memiliki titik poros tetap dan setidaknya satu sama lain yang membantu Anda memutar atau memindahkannya seperti yang Anda inginkan. Mengerjakannya tidak terlalu menyusahkan karna dapat melakukan operasi dasar pada figure seperti: memutar, menambahkan, menghapus, mengedit, membalik (cermin tampilan), berubah warna dan ukuran, menempatkan ke tengah layar, dan membawa ke depan atau belakang. Menggabungkan pilihan ini akan menghasilkan berbagai animasi.

Tidak ada pilihan undo, kecuali bila Anda membuat atau mengedit gambar (Anda hanya dapat membatalkan satu langkah), sehingga harus teliti, hati-hati dan focus sangat diperlukan ketika Anda melakukan operasi pada animasi.

Jika Anda ingin menyisipkan background baru, klik pilihan background di bagian operasional atau bisa juga klik menu file pilih load background

Anda dapat menjalankan animasi Anda, dengan menggunakan Play dan tombol Stop.

Jika project anda belum selesai silahkan simpan dan file anda akan ber format piv, tetapi jika anda telah selesai anda pilih piliah export animation dan akan berformat GIF. Anda dapat mengecilkan dimensi frame, dan Anda dapat memilih waktu tunda antara frame Anda.

Mungkin awalnya ini sedikit membingungkan, tapi seltelah anda bermain sedikit dengan program ini. Anda akan mendapatkan ide-ide untuk membuat animasi dan ingin meyelesaikannya secepatnya.

Kelebihan
Program ini mudah digunakan dan tidak memerlukan banyak waktu untuk menggunakan fitur-fiturnya dan aplikasi ini memberikan sampel untuk membantu anda dalam berkreasi

Kekurangan
Program ini hanya menggunakan mouse, disini keyboard tidak digunakan saat pembuat animasi seperti menghapus atau mengubah angka frame. Ini bukan kesalahan besar tetapi pasti ada user yang ingin menggunakan keyboard dalam aplikasi ini. Dan tidak adanya file panduan.

Kebenaran

Anak-anak, teman, sahabat, kerabat, keluarga dan laiinya sangat senang melihat animasi yang telah dibuat. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan saya atau pemula untuk membuat animasi begitu mudah dan cepat. kurangnya file panduan, diatasi dengna antarmuka yang mudah digunakan. This is PIVOT ANIMATOR FREE!

0 komentar:

Post a Comment